Berdamai dengan Diri Melalui Thariqah Menuju Kedamaian Hakiki
Thariqah adalah :
- Pertama,
untuk meningkatkan kedudukan atau maqamatil ‘ubudiyyah secara individu,
sehingga sadar dan meningkatkan kesadaran apa saja kewajiban-kewajiban
yang diperintah oleh Allah dalam meningkatkan taat kepada syari’atillah
yang disertai khidmah (pengabdian) kepada Allah Ta’ala.
- Kedua,
meningkatkan ketaatan dan khidmahnya kepada baginda Nabi Muhammad SAW
yang disertai mahabbah (cinta) kepada Allah Ta’ala dan Rasul-Nya.
- Ketiga,
mengetahui dan mengerti thariqah sebagai pengantar menuju jalan Allah dan Rasul-Nya.
- Keempat,
thariqah adalah menghasilkan buah bernama tasawwuf dalam
rangka tashfiyatul quluub (membersihkan hati) wa tazkiyatun nufus
(menyucikan jiwa). Penyakit hati diantaranya dengki atau hasad, sombong
(takabbur), riya’, dan lupa kepada Allah serta lupa kepada Rasul-Nya.
Sehingga, menyebabkan individu tidak mencapai maqamatil ihsan karena
iman yang ada di qalbu (hati) cahayanya (yang sebenarnya mampu menerangi
rongga-rongga hati, kedua mata, kedua telinga, mulut, tutur kata, kedua
tangan, dan kedua kakinya, serta membersihkan darah yang banyak
mempengaruhi pertumbuhan fisik organ tubuh dari sebab darah yang kotor
tersebut mampu mempengaruhi kejernihan pola pikir), menjadi gelap atau
keruh yang akhirnya bisa berpengaruh dan menjadi sebab terjadinya
kesempitan dan ketidak jernihan dalam menafsirkan Al Quran, Hadits, dan
perkataan salafuna ash-shalihin (dalam nasehat atau kitabnya).
Sesungguhnya Allah SWT telah memberikan suatu alat ialah wudlu’ dengan
air atau tayammumdengan debu untuk menjadi sarana bersuci. Akan tetapi,
karena wudlu tersebut kurang mampu menembus bathiniyahnya, sehingga
wudlu’ tersebut hanya bagian syarat shalat dan lainnya, dari yang wajib
sampai yang sunnah. Apabila wudlu’ tersebut mencapai bathiniyahnya,
semua yang diwudlui akan mempengaruhi jiwa dan badannya, sebab
menjauhkan diri dari segala perbuatan yang tidak terpuji di sisi Allah
dan Rasul-Nya. Bila kita mau berpikir, alat pembersih badan adalah air,
mulai dari mandi biasa sampai mandi besar serta wudlu’. Tubuh kita
secara fisik telah dibersihkan dengan air tersebut. Dihitung mulai dari
per hari mandi berapa kali, wudlu berapa kali, cuci muka berapa kali,
sampai alat-alat rumah tangga sangat memerlukan peranan air.
Pertanyaannya, berapa kalikah kita setiap hari mencuci hati? Sadar atau
tidak, bila kita tidak mandi satu hari, dua hari, atau tiga hari, dan
tidak berganti pakaian, secara logika tidak betah karena bau yang ada
pada dirinya atau pakaiannya. Bagaimana bau hati kita yang tidak pernah
dicuci?
Tebalnya kotoran hati tersebut tidak bisa kita bayangkan!!! Akan tetapi, Allah Ta’ala Maha Pemurah. Seandainya Allah Ta’ala tidak menutupi bau tersebut, jangankan lagi orang lain, dirinya sendiri tidak mampu menahan baunya, tiada satu alat yang mampu untuk membersihkan hati itu semua terkecuali thariqah, yang mana isinya dari mulai istighfar, shalawat, dan dzikir khususnya. Apabila melihat keterangan tersebut di atas, maka wajib hukumnya masuk thariqah. Akan tetapi, kalau sekadar belajar untuk aurad (dzikir/wiridan), menambah nilai ibadah, maka sunnah hukumnya masuk thariqah.
Tebalnya kotoran hati tersebut tidak bisa kita bayangkan!!! Akan tetapi, Allah Ta’ala Maha Pemurah. Seandainya Allah Ta’ala tidak menutupi bau tersebut, jangankan lagi orang lain, dirinya sendiri tidak mampu menahan baunya, tiada satu alat yang mampu untuk membersihkan hati itu semua terkecuali thariqah, yang mana isinya dari mulai istighfar, shalawat, dan dzikir khususnya. Apabila melihat keterangan tersebut di atas, maka wajib hukumnya masuk thariqah. Akan tetapi, kalau sekadar belajar untuk aurad (dzikir/wiridan), menambah nilai ibadah, maka sunnah hukumnya masuk thariqah.
Thariqah mempunyai jalur silsilah, artinya
kalimah thayyibah yang diamalkan mempunyai silsilah atau sanad dari
guru mursyidnya sampai kepada Rasulullah SAW dan Allah Ta’ala. Dari
silsilah tersebut yang melalui para pembesar para walinya, dari Allah
dan Rasul-Nya, maka mengalir madaad (anugerah), al-fuyuudl al-asraar,
rahasia dan asrar, dan beberapa rahasia yang sampai kepada para murid
atau para muriidiin. Dari sebab madaad tersebut, sangat berpengaruh
mendorong mencapai kepada wushul artinya sampai tujuan kepada Allah, an
ta’budallaha ka-annaka taraah, fa in lam takun taraahu, fa innahuu yarak
(Kamu menyembah Allah seakan-akan kamu melihat-Nya, jika kamu tidak
bisa melihat-Nya, maka kamu merasa dilihat-Nya). Dari situ bisa
meningkatkan maqamatil ‘ubuudiyyah sebagaimana tersebut di atas,
sehingga akan menjadi sebab hamba Allah tersebut selamat dari ke-suu-ul
khatimah-an. Wallahu A’lam.
Penulis : Syukron Ma’mun, S.Pd.
• Disampaikan oleh Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Yahya kepada Pengurus Muslimat Thariqah Jawa Timur
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !