Headlines News :
Home » » MENGAJI ALAM YANG EMPAT

MENGAJI ALAM YANG EMPAT

Written By Reza Dirgantara on Sunday, March 18, 2012 | 1:36 AM


1.  ALAM NASUT
     Alam nasut ialah : Alam yang terlihat oleh mata ahir ( Alam jasmani ) yang isinya : Manusia, hewan asalnya dari unsur air, kejadiannya dari Nafsu Sawiah (bening),keluarnya dari mata, wataknya bisa mlihat, Ilmunya tingkat syareat, akalnya hasab (mencari)
     Dan orang yang ilmu pengetahuannya masih di Alam Nasut, biasanya orang tersebut,hatinya masih lalai atau masih tidur, ilmu pngtahuannya masih di dapat dari orang lain (orang awam) bukan bersumber dari dirinya sendiri, ibaratnya bak air, ada air kalau di isi saja tetapi kalu tidak di isi, ia akan kosong dan kering,dan orang tersebut mudah sekali di hasut, hidupnya hanya mengikuti umum saja tidak mempunyai pegangan sendiri.

2.  ALAM JABARUT
    Alam Jabarut ialah : Yaitu Alam yang tidak terlihat oleh mata lahir (Alam Rohani) isinya : Jiin, Syetan, Merkayangan dan bangsa siluman, asalnya dari unsur api, kjadiannya dari Nafsu Amarah (panas), keluarnya dari telinga, wataknya bisa mendengar , ilmunya tingkat thorikot, akalnya a'to ( yang melakukan)

     Orang ilmu pengetahuannya sudah masuk Alam Jabarut, pada umumnya orang tersebut di katakan jadab, karena dia sudah melihat dua Alam (Alam nyata dan alam tidak nyata), sehingga kelakuannya orang tersebut itu agak aneh, tidak umum dengan orang ain. Dan biasanya orang tersebut hatinya hidup. Dia bisa melihat dan mendengar susuatu yang sifatnya ghoib walaopun masih tahapan ( tipuan ) artinya apa yang dia lihat atau di dengar tidak semua benar, kadang bisa menjatuhkan dan menyesatkan. Sehingga orang yang masuk Alam Jabarut harus hati-hati dan waspda, jangan sampai terpedaya, dan menjadi sibuk lupa dngan tujuan hidup, ia mempunyai ilmu pengetahuannya dari orang lain juga dari dirinya sendiri ( petunjuk dari Allah )

3.  ALAM MALAKUT
    Alam malakut ialah Alam Qolbi ( hati ) isinya para malaikat, asalnya dari unsur angin, kejadiannya dari Nafsu Mutmainah ( tenang ), keluarnya dari hidung, wataknya bisa mencium, ilmunya tingkt hakekat, Akalnya Huda ( menjdi wayang ) artinya orang itu sudah betul-betul pasrah ( tawakal ) bagaimana yang mengatur saja, dan ia merasakan kehadiran Allah, dan orang yang ilmu pengetahuannya sudan mencapai Alam Malakut, maka ia akan bisa melihat suatu Alam yang mana makhluknya serba putih yang sedang berdiri, ruku, sujud,dan duduk. Dan orang yang mencapai tingkat ini hatinya di penuhi oleh Nur ( Cahaya ) sehingga di kehidupannya tenang dan tentram.

4.  ALAM GHOIBI
    Alam ghoibi ialah Alam Qolbin salim ( hati yang selamet ) isinya : Arwah-arwah para Nabi, para Sahabat, para Wali, dan orang-orang sholeh. Asalnya dari unsur bumi kejadiannya dari nafsu Luamah ( lemas ), keluarnya dari mulut, wataknya bisa berbicara, Ilmunya tingkat ma'rifat, akalnya falsafah ( menjadi dalang ) artinya orang tersebut mencapai pangkat Insan Kamil, manusia yang sempuna (sejati ing manusia ) di hatinya hanya ada Allah.

'' NEGARA INDONESIA ''

Indonesia berasal dari kata : Indung ( Ibu ) Sia ( Kamu ), Bhsa Sunda, Yang artinya Ibu kamu atau Ibunya seluruh Negara. Jadi Negara Indonesia adalah Ibu yang sedang mengandung, yang di kandung oleh perut bumi indonesia ini adalah kandungan pulau jawa, arti dari kata Jawa sendiri adalah Ja (Jajaran) Wa (Wali), atau disebut jajaran wali. ada juga yang mengatakan jasa wali. Kalau kita lihat bahwa pulau jawa dari ujung barat sampai ujung timur banyak jajaran wali dan jasa-jasanya.
    Jadi, jelasnya negara indonesia adalah negara wanita yang sedang mengandung, dan kandungan di dalamnya yaitu para wali dan ajaran-ajarannya yang sangat bermanfaat untuk mencapai kebahagiaan dunia aherat.
     Di pulau jawa juga terdapat Ibu Kota Jakarta yang artinya : sengaja nyekar kang nyata. Maksudnya adalah : "Harus mencari sampai ketemu" untuk menyelamatkan kita di dunia dan ahirat. Untuk mencapainya, kita harus mencari guru yaitu guru yang memberi petunjuk ke jalan kebahagiaan dan keselamatan dunia dan ahirat Guru itu adalah GURU MURSYID
     Guru Mursyid memiliki empat sifat. Di sebutkan dalam syair  sebgai berikut: 
sapa wonge nemu guru sifat papat, poma-poma cekelana ingkang kuat
*  Kuping siji sifat ipun Muayidin, nguataken agama kelwan yakin
*  Kaping loro sifat ipun Musfikin,  kang makani ewon-ewon fakir miskin.
*  Kaping telu sifat ipun Zhidin, kang ora jejaluk ning manusia sarto jin.
*  Kaping papat sifat ipun Rua;faulil Mu;minin, kang muruki ning wong bodo sehingga yakin.
    Iki Nadzom nukil saking kitab dasuki, nomor sewidak sanga (69) mangga dipun slidiki
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Kalender

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Jama'ah Majellis Ta'lim Asy Syahadatain - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template