Headlines News :
Home » , » SEJARAH SORBAN JUBAH

SEJARAH SORBAN JUBAH

Written By Unknown on Thursday, March 29, 2012 | 12:54 PM

Jama'ah Asy-Syahadatain

Diceritakan di negara pajajaran kedua  putra prabu siliwangi yaitu : Raden walang sungsang (Embah kuwu sangkan) dan nyai rara santang setelah selesai berguru ajaran Islam ke Syeh Nur Jati di gunung jati. Lalu keduanya berangkat ke tanah suci mekkah untuk melaksanakan ibadah haji. Kemudian nyai rara santang bertemu jodohnya yaitu sultan mesir (syarif Abdullah Raza Ammatudin). dan dari hasil pernikahan beliau, di karuniai dua orang putra yaitu Syarif Hidayatullah (cirebon) dan Syarif Nurullah (sultan mesir).

Syarif Hidayatullah lahir pada  mulud 1448 M  dan pada tahun 1479 M beliau di tugaskan oleh ibunya untuk menyebarkan Agama Islam di jawa khususnya di cirebon.
Di dalam  penyebaran beliau di bantu para wali seperti, Syeh Datul Kahfi, Syeh Abdur Rahman, Syeh Magelung, Syeh Lumajang, S. Hasanudin, Raden Fatah, Syeh Bentong, Sayyid usman, nyi mas gandasari, dll.

para wali mengajarkan  agama islam, terutama, dalam mengerjakan sholat agar memakai putih-putih (jubah,sorban,rida,sajadah). Untuk waninata memakai busana ihrom (mukena)  Karena itu merpakan sunah Rosull, yang besar fedahnya, juga menganjurkan agar orang mati di bungkus kain putih.
Namun sayang sekali Syiar ajaran para wali tersebut menjadi terhenti, karena di jajah oleh bangsa barat, bertahun-tahun lamanya, kurang lebih 350 Tahun sedangkan di saat itu para pejuang bangsa di dalam melawan penjajah, banyak yang sedang memakai putih-putih dan jubah sorban, seperti : pengeran diponegoro, imam bonjol, dll. Yang akhirnya belandapun memerintahkan supaya orang-orang yang memakai pakaian putih itu di tangkap dan si bunuh. hingga akhirnya rakyat menjadi takut,sholat memakai pakaian putih karena  di bantai abis sebab di anggap pemrontak.

Lalu ahirny para pejuang dan para kiyai, bersepakat untuk sementara supaya sorban jubah di lepas dan bendera merah putih di taruh di wuwungan. Ada juga, sorban di buat jadikan peci, blangkon yang di pakai demang. Dan dengan rahmat Allah yang maha kuasa, dan dengan di dorong oleh keinginan luhur, maka terciptalah kemerdekaan indonesia. Dan setelah merdeka ulama besar dari dari panguragan cirebon, Syehunal Mukarom Habibullah Abah Umar Bin Ismail Bin Yahya. Beliau mengajarkan ajaran para wali yang terpendam oleh sejarah tersebut.

Dan munculnya ajaran Abah Umar di antaranya pakaian putih-putih (jubah,sorban,rida,sajadah), orang-orang menganggap aneh atau ajaran baru, padahal ajaran Abah Umar adalah ajaran terdahulu, ajaran para Wali, ajaran Rosulullah yang di sampaikan oleh Syarif Hidayatullah. Namun ibarat pepatah "terlanjur basah ya sudah mandi sekali" itulah yang di alami oleh umat islam bangsa kita sekarang ini, walaupun mereka taubahwa ajaran yang di ajarkan oleh Abah Umar itu ajaran yang benar dan berpedoman pada Al-Qur'an, hadist,ijma,qias, namun mereka membenci dan menjelek-jelekan, kecuali orang-orang yang mendapat petunjuk (Hidayah) dari AllahSWT. Yang mau mengikutinya.
Penjajah bangsa belanda terhadap bansa kitaibarat membalikan telapak tangan, yang tadinya putih bersih menjadi hitam legam.
Itulah sejarah jubah sorban di negara kita ini.

"Lalu apakah Ajaran Para wali itu"
Ajaran para wali itu ajaran Rosulullah SAW, yang di sampaikan, di praktekan, di contohkan oleh Sayyidi Syehunal Mukarom Abah Umar panguragan cirebon juga, oleh Sayyidi Syehunal Mukarom embah Ahmad Sholawatullah Kebon danas Pusaka Negara Subang. Sedangkan ilmu yang di ajarkan ilmu syahadat sejati, syahadat yang asal-usulnya dari Syarif Hidayatullah.

Sebagaimana di sebutkan dalam Nadzom:

Iki nadzom nutur syahadat sejati, syahadat kang weton saking Gunung Jati.
Syahadat ipun Gusti Syarif  Hidayatullah., ingkang nglakoni kabeh waliyullah.
Ayu batur di robah kita pikire, eling Allah kang akeh muji dzikre
Oranana dalan olih kanugrahan, yen ora nurut ning gurune sira bongan.
Guru sapa Guru Syarif Hidayatullah, awan bengi ati urip eling Allah
Allah-Allah ya Allah gusti pangeran, kula nuhun cangkem ngucap ati jalan.
Ati iku ibarat masjid baiturahman, eling Allah, Rosulullah aja robah
Akal mikir luru dalan keselametan, tepungena ati eling ning pangeran.

Firman Allah :
قُلۡ إِن كُنتُمۡ تُحِبُّونَ ٱللَّهَ فَٱتَّبِعُونِى يُحۡبِبۡكُمُ ٱللَّهُ وَيَغۡفِرۡ لَكُمۡ ذُنُوبَكُمۡ‌ۗ وَٱللَّهُ غَفُورٌ۬ رَّحِيمٌ۬ (٣١
Katakanlah (Hai Muhammad),'' jika kalian bener-bener, mencintai Allah maka ikutilah aku, Niscaya Allah mencintai dan mengampuni dosa-dosamu," Allah Maha pengampun lagi Maha penyayang.
(Qs. Ali-Imran : 30-31)
قُلۡ أَطِيعُواْ ٱللَّهَ وَٱلرَّسُولَ‌ۖ فَإِن تَوَلَّوۡاْ فَإِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ ٱلۡكَـٰفِرِينَ (٣٢
Katakanlah : "Ta'atilah Allah dan Rosullnya, jika kamu berpaling maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang kafir," (Qs. Ali-Imran : 31-32)
وَٱلَّذِينَ يُؤۡتُونَ مَآ ءَاتَواْ وَّقُلُوبُہُمۡ وَجِلَةٌ أَنَّہُمۡ إِلَىٰ رَبِّہِمۡ رَٲجِعُونَ (٦٠
Artunya :  Dan Tuhanmu berfirman: "berdo'alah kepada-Ku, Niscaya akan ku perkenankan.
Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku, akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina". (Qs. Al-Mu'min : 60)
لَّا يُحِبُّ ٱللَّهُ ٱلۡجَهۡرَ بِٱلسُّوٓءِ مِنَ ٱلۡقَوۡلِ إِلَّا مَن ظُلِمَ‌ۚ وَكَانَ ٱللَّهُ سَمِيعًا عَلِيمًا (١٤٨
Artinya : Allah tidak menyukai ucapan buruk (yang di ucapkan) dengan terus terang kecuali orang-orang yang di aniaya. Allah adalah Maha mendengar lagi Maha mengetahui". (Qs. An-Nisaa : 148)

Share this article :

17 comments:

  1. Mas, bolehkan kalo saya ngelink ke blog anda?

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum,
    Bolehkah saya minta soft copy kitab tawasulan syahadatain?

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah... ada blog yang membahas asy syahadatain. saya senang, salam silaturrahim dan ukhuwah, Mahmud Tugu Indramayu

    ReplyDelete
  4. salam asy syahadatain dari saudara KUDUS

    ReplyDelete
  5. alhamdulillah....ternyata banyak sahabat jama'ah syahadatain,,tinggal nunngu waktu aja kita bisa kumpul dlm satu majlis,,mungkinkah di kbon danas mbah ahmad . .???? sya dari karawang..

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah,
    izin download nadhom nya mas,, ini bermanfaat sekali,

    trims, salam ukhuwah..

    saya dari Cikupa, tangerang.

    ReplyDelete
  7. assalamualaikum
    link downloadnya yang mana ya mas? saya bingung

    ReplyDelete
  8. assalamualaikum
    Punya link sholawatan sebelum sholat Jum'at enggak mas? yang pake bahasa jawa itu?

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah dadi muride syehkuna
    kang percaya nambah mulya ora hina.

    Rindu ingin kembali ke kebon Melati :'(

    ReplyDelete
  10. Alkhamdulillah bisa ser karo se jamaah assyahadataen

    ReplyDelete
  11. mas bisakah amalan taweasulan nya di hilangkan ?????

    ReplyDelete

Translate

Kalender

 
Support : Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Jama'ah Majellis Ta'lim Asy Syahadatain - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template